Yamaha Byson, Sport Karburator Four Stroke Yang Tersisa…

Hi Bro…

Siapa yang tidak tahu Yamaha Byson? Yup, motor lemot gagah nan rupawan ini adalah motor sport (mesin tegak body batangan) dengan sistim pengkabut karburator yang masih tersisa ditengah motor sport dengan pengkabut bahan bakar injeksi yang sudah mulai eksis di pasar roda dua tanah air. Tercatat motor sport Honda seperti Verza (kadang kurang terasa sportnya karena minus tachometer, ngoahaha), NMP, CB150R, serta CBR150R sudah menggunakan injeksi. Sedangkan dari Yamaha, NVL, R15, bahkan OVI yang lahir lebih dahulu sudah menggunakan injeksi. Sedangkan dari Suzuki apa ya? Sepertinya Suzuki tidak jualan motor sport sekarang (Thunder masih produksi gak ya?).

Byson bukan Kebo ^_^

Byson bukan Kebo ^_^

Bila diamati dari sistem pengkabut bahan bakarnya yang masih karburator, tentu Yamaha Byson ini menjadi kurang uptodate n sdikit tertinggal dari saudara dan rivalnya. Seperti kita ketahui, karburator tidak dapat memberikan suplai bensin dan udara secara presisi daripada sistem injeksi. Sistem pengkabut karburator secara umum juga kurang efisien dan tidak ramah lingkungan daripada sistem injeksi.

Namun demikian, perawatan yang lebih sederhana serta jumlah part yang tidak sekompleks injeksi membuat pengkabut bahan bakar karburator memiliki tempat tersendiri buat konsumen. Terutama untuk konsumen yang berlokasi di daerah agak jauh dari kota dimana sangat jarang ditemukan bengkel resmi sepeda motor. Seperti kita ketahui, masih belum semua bengkel pinggir jalan mampu untuk menangani sistem pengkabut bahan bakar injeksi.

Selain itu, kemudahan untuk oprek atau tune up juga membuat karburator masih bertahan. Bahkan FU150 sebagai motor performa belum mau merubah sistem pengkabutnya menjadi injeksi.

Bagi anda yang mungkin masih lebih prefer karburator daripada injeksi, mungkin Yamaha Byson ini bisa menjadi pilihan yang memungkinkan (apa jadi pilihan satu-satunya ya? ngoahaha) untuk dipertimbangkan. Lagipula setelah rilis pada tahun 2010 kemarin, motor ini juga minim dari gosip miring (keluhan). Selain isu lemot (masa lemot? kalau dibandingkan cbr mungkin lemot, lha kalau dibanding NMP? coba ndiri deh, pasti terkejut, ngoahaha) hampir tidak ada keluhan lain yang berarti.

So, dengan desain yang gagah, full digital speedometer, velg + ban lebar, handling yang lebih bagus dari rivalnya sesama pengguna sasis tubular, serta posisi berkendara yang nyaman, Yamaha Byson boleh lah menjadi pertimbangan…

byson1

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s