Ledis ‘n Jentelmen Sekalian, Meet The All New Yamaha YZF-R1…

Hi Bro…

Jelas sudah, penampakan motor yang ditunggu-tunggu banyak biker di dunia. Berita baik buat para FBY, dan berita buruk buat para FBH, ngoahahaha (jes kidding bro). Yep, the all new, serba baru bro, enjin baru yang menganut faham crossplane yang mampu memuntahkan 200 hp power tanpa adanya air ram. Selain enjin dan garis body yang mengalami perubahan, yang mendapatkan banyak perhatian juga adalah sistem elektronik dari motor ini. Dalam motor ini telah dibenamkan traction control, slide control, launch control, wheel-lift control, dan anti-lock-brakes.

Lights...

Lights…

Sekain itu, motor ini juga telah dibekali dengan fitur sliper clutch untuk mendongkrak performa. Led headlight, serta magnesium sub-frame untuk mengurangi bobot motor.

Pada motor ini, ada beberapa hal yang cukup unik. Diantaranya adalah posisi headligt yang sepertinya nampak lebih kebawah dan menyamping bila dibandingkan posisi headlight konvensional. Ukuran headlightnya pun cukup kecil, namun sepertinya dengan teknologi LED, sinarnya akan cukup terang untuk menerangi jalan saat berkendara malam hari.

Taillight

Taillight

Selain itu, desain body pada jok boncenger juga rada nyeleneh dengan desain yang berlubang. Apakah ini buat menghemat plastik body ya, ngoahaha, sepertinya berfungsi sebagai estetika, dan mungkin juga sebagai aerodinamika. Stoplamp juga desainnya lebih vertikal (panjang keatas) beda dengan motor pada umumnya yang panjang kesamping. Lampu sein belakang sipit, sedangkan lampu sein depan terintegritas dengan spion.

Samping

Samping

Desain firing pada mongtor R1 baru ini memiliki lubang yang cukup besar pada sisi dibawah ujung tangkinya. Bila bentuk bagian firing yang mirip segitiga itu dihilangkan, maka motor ini akan memiliki firing yang bisa dikatakan minimalis. Over all, mongtor ini memang banyak diinspirasi oleh Yamaha M1, mongtor balap Yamaha di ajang MotoGP. Berikut adalah spesifikasi all new Yamaha R1:

Engine
Engine Type 998cc, liquid-cooled inline 4 cylinder DOHC 16 valves
Bore x Stroke 79.00 x 50.9mm
Compression Ratio 13.0:1
Fuel Delivery Fuel Injection with YCC-T and YCC-I
Ignition TCI: Transistor Controlled Ignition
Transmission 6-speed w/multiplate slipper clutch
Final Drive Chain
Chassis
Suspension / Front 43mm KYB® inverted fork; fully adjustable; 4.7-in travel
Suspension / Rear KYB® Single shock w/piggyback reservoir, 4-way adjustable; 4.7- in travel
Brakes / Front Dual 320mm hydraulic disc; 4-piston caliper, UBS ABS
Brakes / Rear 220mm disc; UBS ABS
Tires / Front 120/70ZR17M/C
Tires / Rear 190/55ZR17M/C
Dimensions
L x W x H 80.9 x 27.2 x 45.3 in
Seat Height 33.7 in
Wheelbase 55.9 in
Rake (Caster Angle) 24.0°
Trail 4.0 in
Fuel Capacity 4.5 gal
Fuel Economy** N/A
Wet Weight*** 439 lb/ CA model 441 lb

So, all new Yamaha R1? Jebule memang keren bro, ngoahaha…

r13 r12

r110

all pics taken from asphaltandrubber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s